25 Fakta Menarik Mengenai Telepon Seluler yang Mungkin Kamu Belum Tahu

No Comments

Telepon seluler atau yang biasa disebut smartphone pada saat ini sudah mengalami perjalanan panjang dari pertama kali diciptakan, kemudian hadir dengan bentuk yang besar hingga mengalami bentuk yang praktis dan serba modern didalam perangkatnya.

Banyak cerita menarik dibalik telepon genggam yang dapat kamu bawa kemana-mana ini, yuk cari tahu fakta menarik apa dibalik benda yang sudah sulit untuk kamu tinggalkan ini.
         
1. Telepon genggam ini banyak disebut “celluler phone” atau telepon seluler bukan tanpa alasan. Benda ini mendapatkan nama tersebut dikarenakan fakta yang mengatakan bahwa area yang dijangkau oleh servis telepon ini bergantung pada sebuah tower melalui partikel kecil atau “cells” yang terpisah-pisah.


2. Kali pertama kata “cellular” digunakan adalah pada tahun 1977 dan dokumentasi yang ditemukan mengenai kata “cell phone” ini adalah sekitar tahun 1984.


3. Telepon genggam pertama diketahui mempunyai berat 2.4 pound dan berukuruan 9 x 5 x 1.75 inci. Sebagai perbandingan, iPhone 6 berukuran 5.44 x 2.64 x 0.27 inci dan beratnya hanya 129 gram saja.


Dan bahkan, telepon genggam pertama mempunyai baterai yang hanya dapat digunakan selama 20 menit percakapan. Dan membutuhkan 10 jam untuk mengembalikan baterai kembali penuh dan siap digunakan. Wow lama sekali ya.

4. Ketakutan akan tidak mendapatkan sinyal telepon dan tidak dapat menerima dan melakukan panggilan telepon, biasa disebut nomophobia.


5. Berdasarkan catatan Guinnes World Records, orang yang tercatat sebagai pengetik tercepat pada telepon seluler adalah Sonja Kristiansen dari Norwegia. Sonja mampu menuliskan pesan panjang berbunyi,  “The razor-toothed piranhas of the general Serrasalmus and Pygocentrus are the most ferocious freshwater fish in the world. In reality, they seldom attack a human” dalam 37.28 detik saja!


6. Sampai dengan tahun 2014, negara dengan pengguna telepon genggam terbanyak pertama adalah negara Cina dengan 1,2 miliar pengguna telepon, India, 904 juta, diikuti oleh U.S dengan 327 juta pengguna, Brazil 276 juta, dan Rusia dengan angka 256 juta pengguna telepon seluler.


Lalu dengan angka tinggi dan aktif penggunaan telepon, negara Montenegro berada di level 192.5% dengan hampir setiap warganya memiliki 2 buah telepon genggam, dan diikuti oleh Hongkong sebanyak 187.9%.

7. Pada tahun 1983, telepon genggam pertama dijual publik di Amerika Serikat dengan harga $4000 untuk satu buah saja!


8. Telepon genggam mempunyai lebih banyak bakteri dari pada sebuah toilet umum. Hal tersebut bahkan dapat menjadi 18 kali lipat dari kotornya toilet. Jadi jangan lupa untuk selalu cuci tangan sebelum makan dan jangan gunakan telepon kamu saat itu juga.


9. Di negara maju Jepang, hampir semua telepon seluler dapat digunakan didalam air atau waterproof. Mengapa demikian? Ternyata di Jepang sana para anak muda juga tetap menggunakan telepon genggam mereka walaupun berada di shower. Ya, aneh bukan?


10. Radiasi dari telepon genggam dapat mengakibatkan efek pusing kepala, susah tidur, dan kebingungan.


11. Sebuah universitas terkenal di Inggris, Bristol, sedang mengembangkan bagaimana caranya men-charger ponsel kamu melalui sebuah urin pada tahun 2013 kemarin.


12. Telepon pertama dari sebuah telepon genggam pertama kali dilakukan oleh Martin Cooper salah seorang pencipta Motorola ditahun 1973. Dalam telepon pertama ini ia mencoba menghubungi Joel Engel, seorang kepala riset di AT&T.


Engel dan timnya adalah rival dari atasan Cooper yang juga sedang berusaha menciptakan telepon genggam pertama.

13. Martin Cooper mengatakan bahwa ketika dirinya berhasil menemukan telepon genggam, ia sudah menggunakan telepon di jalanan New York. Hal ini membuat banyak orang bingung dikarenakan pada tahun 1973 sendiri belum ada telepon rumah yang tanpa kabel dan dapat digunakan.


14. Nokia jenis 1100 pernah terjual sebanyak lebih dari 250 juta diseluruh dunia dan menjadi barang elektronik yang terjual paling banyak sepanjang sejarah.


15. Berdasarkan buku 1,227 Quite Interesting Facts to Blow Your Socks Off, sebanyak 100,000 telepon genggam jatuh tidak sengaja kedalam sebuah toilet setiap tahunnya di Inggris.


16. Dalam Forbes pernah dikatakan bahwa lebih banyak masyarakat dunia yang mempunyai ponsel genggam dari pada mempunyai toilet. Aneh!


17. Di Cina, lebih banyak orang yang mengakses internet melalui telepon genggam dibandingkan melalui sebuah PC.


18. Beradasarkan website terkenal Mashable, Banyak pengguna facebook yang mengupload foto dan video melalui telepon genggam sehingga sebesar 27% upstream web traffic disebabkan oleh hal tersebut.


19. Berdasarkan data dari website Quartz dan comScore’s new mobile app report pada tahun 2014 mengenai penggunaan smartphone dan seberapa banyak pengguna yang men-download aplikasi dalam satu bulan, hasilnya adalah 65% pengguna smartphone di Amerika tidak men-download apapun.


20. Sebanyak 99% dari virus telepon genggam menargetkan untuk menyerang pengguna Android. Hal ini masih menjadi alasan mengapa iPhone masih menjadi pemenang akan hal keamanan.


21. Dalam satu hari, terhitung kita sebagai pengguna smartphone melakukan sekitar unlocking telepon sebanyak 110 kali untuk menggunakan telepon genggam tersebut.


22. Pada April 2015 dikatakan bahwa 46% pengguna smartphone di Amerika mengatakan bahwa dirinya tidak sanggup hidup tanpa sebuah telepon genggam dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah website teknologi.


23. Di negara Finlandia, olah raga aneh yang menjadi nyata adalah melempar ponsel. Olah raga yang cukup aneh bukan?


24. Berdasarkan survey pada akhir 2014, untuk penggunaan aplikasi yang paling sering digunakan pengguna telepon genggam di Amerika, SMS masih menjadi pilihan yang paling banyak digunakan oleh para pengguna ponsel disana.


25. Lalu, terlihat dari hasil survey juga bahwa pengguna telepon seluler di Amerika banyak menggunakan ponsel mereka untuk mencari info mengenai  kesehatan dan diikuti oleh kegiatan online banking.


Fakta mengenai telepon genggam diatas mungkin belum belum kamu ketahui sebelumnya. Nomor berapa saja yang sudah kamu ketahui?
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar