10 Teknologi Masa Lampau yang Hebat Dijamannya

No Comments

Ketika jaman sudah super modern seperti saat ini, sepertinya kita semakin terbawa arus deras kemajuan teknologi yang setiap harinya selalu bermunculan satu dan lainnya.

Teknologi akan berganti setiap tahunnya dan membuat kita sebagai pengguna melewatkannya dengan cepat untuk beralih ke barang selanjutnya yang dikatakan lebih baik.

Tapi apa benar setiap teknologi lama itu tidak lebih baik dari penerusnya? Sepertinya tidak juga. Disini kita akan melihat 10 benda teknologi yang hebat pada jamannya. Yuk cari tahu apa saja benda tersebut!

Floppy disk



Sebuah tempat penyimpanan data yang juga biasa disebut disket ini berukuran tipis dan persegi empat. Biasanya disket banyak digunakan hanya untuk menyimpan file tulisan dari pada gambar. Mengingat ukuran memori yang kecil, hanya sebatas sekitar 1.4 MB.

Alat penyimpan yang banyak digunakan sekitar tahun 1990an ini begitu hebat pada masanya karena dapat menyimpan data file tulisan yang cukup banyak dan dengan bentuk yang compact sehingga dapat dibawa kemana saja.

Cara bekerjanya sama dengan USB, tetapi yang membedakan adalah ukuran memori (tentunya) dan pada umumnya kita akan membutuhkan banyak disket untuk menyimpan data yang besar dan banyak.

Typewriter



Sebelum adanya teknologi canggih komputer, para penulis sebelumnya hanya dapat menggunakan mesin ketik atau yang biasa disebut dengan typewriter. Teknologi tua ini hebat dijamannya karena sudah cukup membantu para jurnalis dan penulis bekerja dengan lebih mudah dari sebelumnya.

Mesin ini sudah digunakan sejak tahun 1700an dan mulai berkembang daris itu sehingga menjadi lebih maju seperti mesin terakhir yang kita ketahui bentuknya sekarang. Huruf-huruf yang diatat sudah membentuk ‘QWERTY’ diatas mesin ketik abad 19 sehingga lebih mudah digunakan.

Pada abad 19, mesin ketik banyak dipasarkan dengan harga yang lumayan mahal yaitu $100. Selain kertas dan tinta Anda membutuhkan kesabaran untuk mengetik di mesin ketik. Bayangkan saja jika sampai saat ini kita harus menggunakan alat tersebut.

Walkman



Untuk Anda yang belum tahu walkman sebenarnya adalah sebuah nama trademark dari Sony yang mengeluarkan alat portable cassette player. Jadi nama walkman tersebut memang diambil sebagaimana alat itu digunakan, yaitu mendengarkan musik sambil berjalan.

Prototip pertama dibuat pada tahun 1978 oleh audio engineer dari Jepang, Nobutoshi Kihara untuk seorang pemilik Sony. Awalnya, sang owner sering melakukan perjalanan dan ingin mendengarkan musik saat berjalan-jalan, lalu  munculah ide portable stereo dari hal tersebut.

Setelah walkman, tidak lama pada tahun 2000 an awal munculah penerusnya disaat sebuah CD player hadir, yaitu discman. Kegunaan keduanya cukup memegang peranan penting untuk anak muda dijamannya.

LaserDisc



Laserdisc atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan cakram laser ini berukuran cukup besar sehingga membutuhkan alat pemutarnya yang juga besar dan cukup mahal. Laserdisc ini mampu menyimpan kualitas video yang bagus dengan suara yang jernih.

Di Indonesia sendiri laserdisc mulai terkenal dengan gencar pada awal 90an. Biasanya isi dari laserdisc yang banyak dipasaran adalah berisi lagu lagu dengan video yang ada seperti video klip pada jaman sekarang. Di negara Asia, benda ini jauh lebih terkenal dari pada di kawasan Amerika atau barat.

Laserdisc sendiri dapat dilihat akan terus berubah dan menginspirasi hadirnya CD, VCD, DVD dan Blue-ray.

VCR



VCR atau Video Cassette Recording, diperkenalkan pada tahun 1970 awal dan mulai digemari menjadi tempat penyimpanan video dengan kualitas yangc ukup bagus. Biasanya VCR banyak digunakan untuk menyimpan home video dan merekam acara TV.

Benda ini hanya dapat digunakan dengan alat pemutarnya yang disebut VCR player yang disambungkan ke televisi. Dua tipe VCR yang digunakan adalah VHS dan betamax. Teknologi ini mulai sedikit diguakan menjelang tahun 90an tengah dan digantikan oleh VCD.

Nokia Cityman



Handphone Nokia ini, hadir pada akhir tahun 80an dengan dua jenis berbeda yaotu edisi ‘450’ dan ‘900’. Angka ini diambil dari frekuensi MHz yang digunakan ponsel tua tersebut dalam sistem awal ponsel tersebut berjalan.

Nokia Cityman ini menjadi ponsel pertama yang dapat dikatakan datang dengan tampilan cukup bagus, high-end dan dicari para pengguna hp dijamannya.

Hp jenis ini sangat hebat dijamannya karena membuat perusahaan Nokia menjadi produsen ponsel nomer satu di tahun 1988 dengan mendapatkan 15 persen paling tinggi sebagai posisi pembuat ponsel di dunia.

Kaset



Kaset yang dikenal di Indonesia ini berukuran persegi panjang dan mampu menyimpan banyak lagu dalam sebuah tali kopi yang berputar didalamnya. Kaset sebenarnya sudah berbentuk compact seperti sekarang ini sejak tahun 1960an, tetapi baru mulai banyak dgunakans ejak tahun 190an.

Dengan bentuknya yang kecil, kaset sudah menjadi bagian dari penyuka musik dijamannya. Bahkan pada tahun 90an, kaset juga digunakan untuk merekam suara atau mencetak lagu seperti yang Anda inginkan. Banyak kaset kosong dijual dipasaran untuk tujuan sepert ini.

Kaset juga dapat diputar dan merekan dua sisi yaitu yang biasa dinamakan Side A dan Side B. Untuk itu pada jamannya, kaset sangatlah penting dan menjadi favorit untuk dimainkan dimobil atau di walkman, alat yang sudah kita bahas sebelumnya.

MS –DOS



MS-DOS sendiri adalah sebuah operating system dalam sebuah komputer berbasis Microsoft. Operating system ini digunakan sekitar tahun 1980 dan tahun 90 an. Microsoft membuat operating system ini untuk membantu komputer IBM berjalan di tahun 1980an.

Kehebatan MS-DOS pada jamannya adalah ketika sistem operasi ini membantu banyak pengguna komputer untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar.

Photographic Film



Sebuah foto akan dihasilkan melalui film dengan menjepretkan kamera analog dan sudah mulai digunakan sejak akhir tahun 1800an.

Film ini berasal dari plastik yag sensitif terhadap cahaya, jika terekspos dengan cahaya, gambar analog akan menciptakan sebuah scene yang dihasilkan oleh bahan kimia yang terdapat dalam film itu sendiri.

Film yang biasanya digunakan untuk kamera analog ini biasanya 35mm, 120, 220 dan 4x5 serta 8x10 yang paling besar. Dan dari itu kamera analog hanya mengambil gambar dengan ukuran tersebut.

Analog Camera



Setelah kita membahas film dari kamera analog, kamera analog ini sangatlah menjadi favorit pada jamannya. Dengan kehadirannya yang cukup compact dan membantu mencapture momen dengan baik dan cepat, kamera analog mempunyai keterbatasan seperti tidak dapat mengulang foto yang sudah diambil seperti sekarang ini.

Teknologi masa lampu diatas tentu sudah berubah jauh lebih canggih pada jaman sekarang, namun versi lama dari alat-alat ini memang cukup mengingatkan kita akan masa kecil atau muda yang memyenangkan bukan?
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar